Kenaikan gaji adalah hak setiap pegawai yang sudah menyumbangkan banyak
jasa bagi perusahaan. Masalahnya, menegosiasikannya bisa jadi sangat
sulit. Anda tak ingin meminta terlalu banyak dari yang sepantasnya
diberikan, namun susah juga bila terlalu sedikit atau bahkan tidak sama
sekali. Lalu bagaimana caranya agar Anda dan perusahaan sama-sama
nyaman. Esensi berikan win-win solution untuk Anda,
Memahami cara sistem penghargaan perusahaan
Banyak
perusahaan mencoba mengaitkan kenaikan gaji dengan tingkat kinerja.
Jika penilaian kinerja tahunan Anda sangat penting, maka Anda seharusnya
memahami bagaimana penilaian itu dibuat. Siapakah pihak yang penting
untuk dibuat terkesan, dan apa yang akan membuat mereka terkesan? Nah,
dari sinilah Anda harus mulai mencari tahu.
Memahami bagaimana Anda dinilai oleh bos dan perusahaan
Dalam hal ini, ada dua poin penting yang harus Anda ketahui:
1.
Semakin sulit Anda untuk digantikan dan semakin banyak ‘kerusakan’ yang
akan terjadi jika Anda pergi, akan menjadikan diri Anda semakin dinilai
tinggi.
2. Semakin tinggi keinginan Anda untuk mempertahankan posisi, semakin rendah perusahaan akan menilai Anda. Orang-orang yang high maintenance akan
membuang lebih banyak energi manajemen karena mereka mengeluh, merusak,
sulit untuk bekerja sama, membutuhkan supervisi, tidak dapat dipercaya,
dan butuh untuk digantikan karena mereka sering sakit, dan sejenisnya.
Menilai Leverage Anda
Ini salah satu yang terpenting. Coba tingkatkan leverage
Anda (kekuatan negosiasi). Anda harus kuat dalam membuat persepsi bahwa
ada kemungkinan Anda meninggalkan perusahaan. Misalnya perubahan
situasi personal yang dapat membuat Anda mengevaluasi kembali karier
Anda (contohnya menikah atau hamil), jarak yang jauh ke tempat kerja,
kekurangan uang (tapi bukan karena Anda buruk dalam membina keuangan
pribadi), atau sedang menabung untuk sesuatu seperti rumah atau
apartemen.
Sebab kebanyakan perusahaan tahu bahwa kenaikan gaji yang kecil akan menjadi penghambat motivasi.
Menilai Gaji Anda dan Hubungkanlah dengan Rekan Kerja
Manajer
tahu bahwa pembandingan internal adalah sumber terbesar dari
ketidakpuasan karyawan tentang gaji. Hal ini berarti mengetahui besaran
gaji Anda dibandingkan teman-teman merupakan cara penting untuk menilai
keinginan realistis Anda. Beberapa perusahaan mencoba merahasiakan gaji
setiap karyawan. Tapi ada juga perusahaan yang memiliki sistem
penggajian yang lebih terbuka.
Sekali lagi, cobalah untuk mengetahui seberapa banyak leverage
atau kekuatan negosiasi yang Anda miliki, sebelum Anda membuat diri
Anda terlihat konyol (itu yang paling bagus) atau membuat diri Anda
dipecat (itu yang terburuk) saat Anda menegosiasikan kenaikan gaji. (RA)
Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Minta Naik Gaji!
Maybe you are interested in reading this!
ABOUT AUTHOR
I know life is tough laughter, and the tears came and went until I was do not know when, sadly it comes and laughter when it came

Author : Mr. Lubis
Setelah anda membaca artikel berjudul Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Minta Naik Gaji! jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :


Terbang Ke Eropa
London - Saat berlibur ke negeri orang, tentunya traveler harus menyiapkan berbagai perlengkBerkunjung Ke Eropa
Traveling ke Eropa berarti Anda akan mengunjungi tempat yang sangat lain dari Asia. OleLiburan Ke Eropa
Eropa di mata traveler Indonesia adalah kota tua dan antik, perkebunan anggur nanVisa Schengen
Liburan ke Eropa, jangan lupa membawa Visa Schengen. Inilah 'benda sakti' yang memudahkanCamilan Khas Eropa
Traveling ke Eropa, tak afdol kalau belum mencicipi aneka kulinernya. Beda neg